Minggu, 13 April 2014

Cara Membuat File PDF Dengan Microsoft Word


PDF adalah sebuah format dokumen yang memungkinkan memuat di dalamnya text, gambar, grafik. PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format, PDF pertama kali dibuat oleh perusahaan Adobe System pada tahun 1993 sekaligus pemilik hak paten PDF tersebut. PDF pertama kali dibuat dimaksudkan untuk mempermudah pertukaran dokumen, keunggulan dari dokumen yang dibuat dengan format PDF adalah dia tidak bisa diubah secara langsung oleh si penerima dokumen tidak seperti file dokumen dengan format .doc, .txt atau yang lainnya. Namun belakangan file dokumen yang dibuat dengan format PDF bisa diubah isinya dengan menggunakan bantuan software PDF editor yang sudah banyak beredar.

Cara Membuat File PDF Menggunakan Microsoft Word

Membuat file PDF saat ini tergolong pekerjaan yang sangat mudah, banyak aplikasi untuk membuat file PDF yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Baik itu aplikasi berbasis desktop ataupun aplikasi pembuat PDF yang bisa diakses secara online melalui jaringan internet. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara membuat file PDF itu banyak caranya, dan salah satunya dengan menggunakan aplikasi populer dari Microsfot yaitu Microsoft Word. Microsoft Word diperuntukkan untuk menulis dokumen paling populer, biasanya format yang Microsoft Word hasilnya berupa file doc atau docx. Pada aplikasi Microsoft terbaru kita bisa membuat dokumen dengan format PDF. Di sini saya akan mejelaskan bagaimana cara membuat file PDF dengan menggunakan Microsoft Word 2013. Dan berikut ini cara-caranya untuk membuat file PDF:
  • Buka Aplikasi Microsoft Word anda, buat dokumen baru. Kemudian tulis artikel atau dokumen yang ingin anda buat menjadi PDF.
  • Setelah selesai mengetik, pilih menu File di bagian atas kemudian pilih Save atau Save As. Lalu pilih Computer dan akan muncul form baru untuk menyimpan file dokumen Anda. Sebelum menyimpan tentukan dulu Save as type nya menjadi PDF (*.pdf) karena secara default Save as type file yang dipilih adalah Word Document(.docx). Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:
Cara Membuat File PDF
Cara Membuat File PDF dengan MS Word
  • File dokumen dengan format PDF sudah berhasil anda buat dan siap untuk dibagikan kepada orang lain.

Cara Membuat File PDF Dan Cara Membuka File PDF

Untuk membuka file dengan format PDF anda memerlukan software khusus, sekarang ini banyak pilihan software untuk membuka file PDF, diantaranya: Adobe Reader, Foxit Reader. Dan jika sebelumnya anda telah memiliki aplikasi Microsoft Word 2013 berarti anda tidak lagi memerlukan Aplikasi tambahan, karena dengan menggunakan Microsoft Word 2013 pun sudah bisa membuka file dokumen dengan format PDF.
Pada tahun-tahun awal pembuatan format PDF oleh Adobe System penggunaan dokumen dengan format PDF sangatlah rendah. Ini dikarenakan dahulu aplikasi untuk membuat dokumen dengan format PDF dan aplikasi untuk membuka format PDF tidak diberikan secara gratis. Selain itu format PDF dahulu masih banyak kekurangan bila dibandingkan dengan format dokumen lainnya. Seiring berjalannya teknologi dan strategi pemasaran, maka si empunya paten PDF pun memberikan secara cuma-cuma aplikasi untuk membuka file PDF-nya. Maki dari sanalah file dokumen dengan format PDF mulai marak digunakan. Sampai saat ini pertukaran dokumen untuk berbagai macam kebutuhan hampir semuanya merekomendasikan dalam bentuk dokument berformat PDF. Salah satunya untuk pengumpulan makalah tugas perkuliahan, Dokumen penting perusahaan dan lain sebagainya.
Demikianlah salah satu cara membuat file PDF yaitu dengan menggunakan Microsoft Word.

0 komentar:

Posting Komentar